CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE, CAPITAL INTENSITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE

  • warno - Warno uin walisongo
  • Siti Muibatun Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Latifatus Sariroh Universitas Islam Negeri Walisongo
Keywords: Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Intensitas Aset Modal, Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Effective Tax Rates (ETR)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggungjawab sosial perusahaan, intensitas modal dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Variabel independen penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), Capital Intensity, dan profitabilitas. Sedangkan variabel dependennya yakni penghindaran pajak atau Tax Avoidance. Variabel independen Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu diukur dengan pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan indikator GRI G4. Variabel Capital Intensity atau intensitas modal diukur menggunakan intensitas aset tetap. Dan yang terakhir variabel indepen dalam penelitian ini yaitu profitabilitas yang di proksikan dalam Return On Asset (ROA). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak atau Tax Avoidance diukur dengan Effective Tax Rates (ETR). Penelitian ini meneliti lebih lanjut akan permasalahan yang baru terjadi, yakni praktik penghindaran pajak perusahaan, sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Dan adapun sampel dalam penelitian adalah 36 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, dan diperoleh sebanyak 12 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan menggunakan dalam penelitian adalah uji regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, variabel Capital Intensity berpengaruh terhadap tax avoidance,dan variabel Profitabilitas yang di proksikan kedalam Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Author Biographies

warno - Warno, uin walisongo

Lecture of UIN Walisongo

Siti Muibatun, Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Islam Negeri Walisongo

Latifatus Sariroh, Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Islam Negeri Walisongo

Published
2020-06-15
How to Cite
Warno, warno, Muibatun, S., & Sariroh, L. (2020). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE, CAPITAL INTENSITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE. JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 39-56. https://doi.org/10.33747/capital.v2i1.18