BRAND IMAGE AND DIGITAL MARKETING AS DETERMINANTS OF CONSUMER BUYING INTEREST
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek dan pemasaran digital terhadap niat pembelian Mixue di Kota Semarang. Populasi penelitian meliputi semua pelanggan Mixue di Semarang dengan jumlah yang tidak diketahui, dan teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling. Dengan menggunakan rumus Lemeshow, total 100 responden dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan model, uji hipotesis, dan koefisien determinasi untuk menganalisis data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa citra merek memiliki efek positif yang signifikan terhadap niat pembelian, ditunjukkan oleh th (5,678) > ttabel (1,984) dengan sig (0,000) < 0,05. Demikian pula, pemasaran digital secara signifikan mempengaruhi niat pembelian, dengan th (4,613) > ttabel (1,984) dan sig (0,000) < 0,05. Koefisien determinasi (R²) mencapai 0,586, menunjukkan bahwa citra merek dan pemasaran digital secara bersama-sama menyumbang 58,6% varians dalam niat beli, sementara 41,4% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa Mixue di Semarang perlu terus meningkatkan citra merek dan memperkuat strategi pemasaran digital dengan mengembangkan inovasi produk yang unik dan melibatkan konten media sosial untuk memperkuat perhatian konsumen dan mendorong niat beli yang lebih tinggi







