EFFECT NPM, ROA, ROE, AND EPS ON PRICE STOCK (COMPANIES LISED IN LQ45 INDEX)

  • Silvia Hendrayanti; Wachidah Fauziyanti; Eni Puji Estuti STIE SEMARANG

Abstract

Pasar modal di Indonesia saat ini banyak diminati oleh para calon investor untuk menanamkan investasinya. Sebagai calon investor yang akan menanamkan investasinya, ia harus cermat dalam memilih perusahaan jika investor tidak cermat dalam memilih perusahaan, kemungkinan resiko yang ditanggung besar oleh investor sendiri. Salah satu faktor yang sering digunakan dalam memprediksi harga saham ialah dengan melihat kondisi perusahaan, artinya calon investor perlu memperhitungkan kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia harga saham selama 1 tahun mengalami penurunan. Penurunan harga saham LQ45 ini mengindikasikan adanya penurunan permintaan pada saham-saham LQ45 di bursa efek. Kemudian yang mendasari penelitian ini untuk dilakukan adalah adanya research gap yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh NPM, ROA, ROE,dan Rasio EPS terhadap Harga saham. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Asumsi Klasik (Normalitas, nonautokorelasi, Multikolinieritas, Heteroskedastisitas), analisis model Panel, uji hipotesis (Uji t-statistic, Uji F-statistic, dan Uji Koefisien Determinasi (R2)).

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama variabel NPM dan hipotesis keempat variabel EPS diterima dan berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan. Pengujian hipotesis kedua variabel ROA dan hipotesis ke tiga variable ROE  menunjukkan hasil yang signifikan namun memiliki arah koefisien yang berlawanan dengan hipotesis tersebut, sehingga hipotesis tersebut ditolak.

Published
2020-12-12
How to Cite
Eni Puji Estuti, S. H. (2020). EFFECT NPM, ROA, ROE, AND EPS ON PRICE STOCK (COMPANIES LISED IN LQ45 INDEX). JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 59-68. https://doi.org/10.33747/capital.v3i2.38