PENGARUH KESADARAN MERK, ASOSIASI MERK DAN LOYALITAS MERK TERHADAP EKUITAS MERK PENGGUNA MAXIM DI KOTA SEMARANG
Abstract
Transportasi merupakan salah satu sarana perhubungan yang sangat penting dalam segala hal aktivitas manusia. Semakin berkembang sarana transportasi semakin mudah terjalin hubungan antar manusia. Seperti halnya saat ini perkembangan di industri transportasi berkembang dengan sangat pesat, terlihat dari munculnya transportasi ojek online salah satunya adalah Taxi Maxim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap ekuitas merekpengguna Maxim di Kota Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah semua pengguna aplikasi Maxim di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode non probability dengan menggunakan metode sampling aksidental (accidental samping). Maka sampel dari populasi ini adalah siapa saja yang secara kebetulan menggunakan aplikasi Maxim untuk media transportasi online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari: uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F,dan analisis koefisien determinasi (R2).