Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih RSU. Bali Royal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih RSU. Bali Royal. Dalam menjalankan kegiatannya, manajemen rumah sakit tidak hanya sekedar memilih kombinasi yang terbaik dari bauran pemasaran, tetapi juga harus mengkoordinir berbagai macam elemen dari bauran pemasaran tersebut, untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif. Pihak RSU. Bali Royal harus mewaspadai ketatnya persaingan dalam usaha jasa. Perubahan perilaku pasien yang sangat sensitif terhadap jasa, harga, promosi dan tempat sehingga pihak RSU. Bali Royal harus benar-benar memperhatikan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya melihat dari bauran pemasaran untuk mencapai misinya sebagai pemimpin pasar jasa rumah sakit di Bali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan Bauran Pemasaran sebagai variabel bebas dan Keputusan Pasien sebagai variable terikat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan kepada para pasien RSU. Bali Royal. Tabulasi hasil jawaban responden tersebut diolah melalui SPSS dengan menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini berdasarkan uji t atau secara parsial, bauran pemasaran produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Lokasi (X4), Orang (X5), Proses (X6), dan Pendukung Fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien dalam memilih RSU. Bali Royal. Berdasarkan uji F atau secara simultan bauran pemasaran produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Lokasi (X4), Orang (X5), Proses (X6), dan Pendukung Fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien dalam memilih RSU. Bali Royal.